Senin, 09 April 2012

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH                 : SMPN 01 BATANG TUAKA
MATA PELAJARAN                        : BAHASA INGGRIS
                                     KELAS/SEMESTER                        : VII/I
ALOKASI WAKTU  : 2X 40 MENIT
STANDAR KOMPETENSI: BERBICARA (SPEAKING)
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan traansaksional interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
KOMPETENSI DASAR
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksidengan lingkunga terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan member barang, dan meminta dan member fakta.

INDIKATOR
1.      Mampu mengungkapkan makna dalam percakan
2.      Mampu menggunakan bahasa secara lisan
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa mampu memahami apa yang dibicarakan
2.      Siswa dapat menemukan ide dalam percakapan
3.      Siswa dapat menemukan ungkapan dalam percakapan
4.      Siswa mampu mengulang kembali apa yang telah dibicarakan
5.      Siswa dan guru dapat mengadakan refleksi mengenai proses dan hasil belajar.
6.      Guru memberikan pengayaan berupa pertanyaan lisan sebagai umpan balik
MATERI PEMBELAJARAN
TRANSAKSIONAL AND INTERPERSONAL
 Reading Mini Dictionary
-          Yellow = kuning
-          Black = Hitam
-          Tall = Tinggi
-          Bad = Jelek/ tidak baik
-          Pale Brown = Coklat pucat
-          Strong = Kuat
-          Long = Panjang
-          Big = besar
-          Red = merah
Tell about Pets
Complete the dialogue with suitable adjectives provided in the box.
-          What does a giraffe look like?
-          Hmm. It’s ___ with ___ spots and it’s very ___ you know.
-          How about it’s legs?
-          The legs are very ___ and ___
-          What does a Rafflesia look like?
-          Let me see. It’s very ___ flower. The colours are ___ and ___
-          Anything else?
-          Yeah, the smell. It smells pretty ___
Example 1
Rudy         : Hi, Dedy. How are you today?
Dedy         : Hi, Rudy. Fine, and a bit excited.
Rudy         : are you? Excited about what?
Dedy         : well, my pet cat has kittens. They’re cute, all, ad very adorable. Oh you should’ve seen them.
Rudy         : Sure, I’d love to!


METODE / TEKNIK PEMBELAJARAN
-          Metode BKOF ( Building Knowladge Of Field)
-          Teknik modeling,- questioning, contructing
LANGKAH-LANGKAH KEGIATN PEMBELAJARAN
-          Kegiatan Awal
Ø  Greeting
Ø  Check the role
Ø  Motivasi and apersepsi
-          Kegiatan inti
Ø  Explorasi
-) Guru menjelaskan bagaimana cara memulai sebuah percakapan dan mengakhiri percakapan mengenai binatang peliharaan
-) Guru dan siswa berdialog tentang percakapan mengenai binatang peliharaan.

Ø  Elaborasi
-) Siswa membuat dialog tentang percakapan mengenai binatang peliharaan.
Ø  Konfirmasi
-) Siswa berdialog dengan teman sebangkunya tentang dialog yang dibuatnya.

-          Kegiatan penutup
Ø  Menanyakan perasaan siswa mengenai bagaimana belajar hari ini.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Make Yourself a Master of English  For Junior High School Students Grade VIII, Artono Wardiman, Pusat Perbukuan Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530.

INSTRUMEN PENILAIAN
1.      Make a dialogue about pets with your friend
a.       The dialogue tell about your friend and why you have that pet.
b.      How long you have that pet.
2.      Act out the pet’s dialogue you have made in task in the front of class. Do it with your friends.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar